Minggu, 28 Desember 2014

Makalah Perkembangan Teknologi di Bidang Arsitektur



BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Perkembangan dunia dalam segi pembangunan membawa pengaruh yang kuat terhadap perkembangan di berbagai bidang, seperti arsitektur. Perubahan zaman menuntut arsitek lebih berperan dalam meningkatkan kemajuan pembangunan dalam negeri. Bersamaan dengan itu maka peran arsitek bukan hanya membangun satu bangunan berdiri kokoh tetapi membuat bagaimana satu bangunan dapat berdiri serta mencerminkan identitas bangsa, seperti halnya icon negeri yaitu Monas, Tugu Tani dan lain sebagainya.
Tuntutan ini perlu diimbangi dengan sebuah sumber daya yang dapat mendukung kinerja arsitektur. Sumber daya yang dapat digunakan seperti pemanfaatan teknologi dalam ilmu arsitek. Penggabung dari berbagai bidang ilmu ini dan munculnya bahan-bahan bangunan baru serta teknologi, seorang arsitek akan mampu memfokuskan dari aspek teknis bangunan menuju ke estetika.
B.     RUMUSAN MASALAH
Adapun rumusan masalah pada makalah ini adalah :
1.      Bagaimana sejarah dari Desain arsitektur ?
2.      Apa peran teknologi pada bidang Arsitektur?
3.      Bagaimana bentuk perbandingan bidang Arsitektur terdahulu dan sekarang?
4.      Apa saja Software untuk menunjang kebutuhan dibidang Arsitektur?
5.      Apa itu AutoCad, dan jelaskan mengenai AutoCad ?
6.       
C.    BATASAN MASALAH
Pada makalah ini hanya akan membahas mengenai software AutoCad dalam desain arsitektur untuk membantu pekerjaan manusia.


D.    TUJUAN
Adapun tujuan pada makalah ini adalah :
-          Agar mahasiswa lebih memahami mengenai pengaruh teknologi terhadap bidang Arsitektur.
-          Agar mahasiswa mengetahui pengaruh software desain seperti Autocad untuk membantu pekerjaan manusia.

BAB II
PEMBAHASAN
A.    SEJARAH ARSITEKTUR
Arsitektur lahir dari dinamika antara kebutuhan (kebutuhan kondisi lingkungan yang kondusif, keamanan, dsb), dan cara (bahan bangunan yang tersedia dan teknologi konstruksi). Arsitektur prasejarah dan primitif merupakan tahap awal dinamika ini. Kemudian manusia menjadi lebih maju dan pengetahuan mulai terbentuk melalui tradisi lisan dan praktik-praktik, arsitektur berkembang menjadi ketrampilan. Pada tahap ini lah terdapat proses uji coba, improvisasi, atau peniruan sehingga menjadi hasil yang sukses. Seorang arsitek saat itu bukanlah seorang figur penting, ia semata-mata melanjutkan tradisi. Arsitektur Vernakular lahir dari pendekatan yang demikian dan hingga kini masih dilakukan di banyak bagian dunia.
Permukiman manusia di masa lalu pada dasarnya bersifat rural. Kemudian timbullah surplus produksi, sehingga masyarakat rural berkembang menjadi masyarakat urban. Kompleksitas bangunan dan tipologinya pun meningkat. Teknologi pembangunan fasilitas umum seperti jalan dan jembatan pun berkembang. Tipologi bangunan baru seperti sekolah, rumah sakit, dan sarana rekreasi pun bermunculan. Arsitektur Religius tetap menjadi bagian penting di dalam masyarakat. Gaya-gaya arsitektur berkembang, dan karya tulis mengenai arsitektur mulai bermunculan. Karya-karya tulis tersebut menjadi kumpulan aturan (kanon) untuk diikuti khususnya dalam pembangunan arsitektur religius. Contoh kanon ini antara lain adalah karya-karya tulis oleh Vitruvius, atau Vaastu Shastra dari India purba. Di periode Klasik dan Abad Pertengahan Eropa, bangunan bukanlah hasil karya arsitek-arsitek individual, tetapi asosiasi profesi (guild) dibentuk oleh para artisan / ahli keterampilan bangunan untuk mengorganisasi proyek.
Pada masa Pencerahan, humaniora dan penekanan terhadap individual menjadi lebih penting daripada agama, dan menjadi awal yang baru dalam arsitektur. Pembangunan ditugaskan kepada arsitek-arsitek individual – Michaelangelo, Brunelleschi, Leonardo da Vinci – dan kultus individu pun dimulai. Namun pada saat itu, tidak ada pembagian tugas yang jelas antara seniman, arsitek, maupun insinyur atau bidang-bidang kerja lain yang berhubungan. Pada tahap ini, seorang seniman pun dapat merancang jembatan karena penghitungan struktur di dalamnya masih bersifat umum.
Bersamaan dengan penggabungan pengetahuan dari berbagai bidang ilmu (misalnya engineering), dan munculnya bahan-bahan bangunan baru serta teknologi, seorang arsitek menggeser fokusnya dari aspek teknis bangunan menuju ke estetika. Kemudian bermunculanlah “arsitek priyayi” yang biasanya berurusan dengan bouwheer (klien)kaya dan berkonsentrasi pada unsur visual dalam bentuk yang merujuk pada contoh-contoh historis. Pada abad ke-19, Ecole des Beaux Arts di Prancis melatih calon-calon arsitek menciptakan sketsa-sketsa dan gambar cantik tanpa menekankan konteksnya.
Sementara itu, Revolusi Industri membuka pintu untuk konsumsi umum, sehingga estetika menjadi ukuran yang dapat dicapai bahkan oleh kelas menengah. Dulunya produk-produk berornamen estetis terbatas dalam lingkup keterampilan yang mahal, menjadi terjangkau melalui produksi massal. Produk-produk sedemikian tidaklah memiliki keindahan dan kejujuran dalam ekspresi dari sebuah proses produksi.
Ketidakpuasan terhadap situasi sedemikian pada awal abad ke-20 melahirkan pemikiran-pemikiran yang mendasari Arsitektur Modern, antara lain, Deutscher Werkbund (dibentuk 1907) yang memproduksi obyek-obyek buatan mesin dengan kualitas yang lebih baik merupakan titik lahirnya profesi dalam bidang desain industri. Setelah itu, sekolah Bauhaus (dibentuk di Jerman tahun 1919) menolak masa lalu sejarah dan memilih melihat arsitektur sebagai sintesa seni, ketrampilan, dan teknologi.
Ketika Arsitektur Modern mulai dipraktikkan, ia adalah sebuah pergerakan garda depan dengan dasar moral, filosofis, dan estetis. Kebenaran dicari dengan menolak sejarah dan menoleh kepada fungsi yang melahirkan bentuk. Arsitek lantas menjadi figur penting dan dijuluki sebagai “master”. Kemudian arsitektur modern masuk ke dalam lingkup produksi masal karena kesederhanaannya dan faktor ekonomi.
Namun, masyarakat umum merasakan adanya penurunan mutu dalam arsitektur modern pada tahun 1960-an, antara lain karena kekurangan makna, kemandulan, keburukan, keseragaman, serta dampak-dampak psikologisnya. Sebagian arsitek menjawabnya melalui Arsitektur Post-Modern dengan usaha membentuk arsitektur yang lebih dapat diterima umum pada tingkat visual, meski dengan mengorbankan kedalamannya. Robert Venturi berpendapat bahwa “gubuk berhias / decorated shed” (bangunan biasa yang interior-nya dirancang secara fungsional sementara eksterior-nya diberi hiasan) adalah lebih baik daripada sebuah “bebek / duck” (bangunan di mana baik bentuk dan fungsinya menjadi satu). Pendapat Venturi ini menjadi dasar pendekatan Arsitektur Post-Modern.
Sebagian arsitek lain (dan juga non-arsitek) menjawab dengan menunjukkan apa yang mereka pikir sebagai akar masalahnya. Mereka merasa bahwa arsitektur bukanlah perburuan filosofis atau estetis pribadi oleh perorangan, melainkan arsitektur haruslah mempertimbangkan kebutuhan manusia sehari-hari dan menggunakan teknologi untuk mencapai lingkungan yang dapat ditempati. Design Methodology Movement yang melibatkan orang-orang seperti Chris Jones atau Christopher Alexander mulai mencari proses yang lebih inklusif dalam perancangan, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Peneilitian mendalam dalam berbagai bidang seperti perilaku, lingkungan, dan humaniora dilakukan untuk menjadi dasar proses perancangan.
Bersamaan dengan meningkatnya kompleksitas bangunan,arsitektur menjadi lebih multi-disiplin daripada sebelumnya. Arsitektur sekarang ini membutuhkan sekumpulan profesional dalam pengerjaannya. Inilah keadaan profesi arsitek sekarang ini. Namun demikian, arsitek individu masih disukai dan dicari dalam perancangan bangunan yang bermakna simbol budaya. Contohnya, sebuah museum senirupa menjadi lahan eksperimentasi gaya dekonstruktivis sekarang ini, namun esok hari mungkin sesuatu yang lain.
B.     TEKNOLOGI  INFORMASI DALAM BIDANG ARSITEKTUR
Teknologi, di pihak lain, adalah aplikasi dari prinsip-prinsip keilmuan, sehingga menghasilkan sesuatu yang berarti bagi kehidupan manusia. Aplikasi prinsip-prinsip ini dapat dalam lapangan teknik maupun sosial. (supriadi, 1994;116).
Terkait teknologi, komputer dalam dunia arsitektur telah dimulai sejak komputer ditemukan. Bentuk keterlibatan itu tentu tidak sama dengan yang kita pikirkan saat ini. komputer generasi terkini menghasilkan gambar-gambar yang sangat realistis, itu seolah-olah menjadi bukti dominan keterlibatan komputer dalam arsitektur. Sedangkan komputer generasi terdahulunya, pertama kali komputer terlibat dalam desain arsitektur dalam bentuk bantuan menghitung konstruksi, penggambaran dan semacamnya.
Proses arsitektur memanfaatkan komputer sejalan dengan perkembangan kemampuan komputer. Saat komputer generasi baru mampu melakukan perhitungan berat seperti yang diperlukan pada proses render arsitektur 3D, maka dunia desain arsitektur menanggapi dengan optimis dan ketertarikan yang tinggi. Dari hal tersebut gambar-gambar presentasi desain arsitektur nyaris tidak dapat dibedakan dengan kondisi nyata. Jika kita memakai proses desain yang paling sederhana, yang telah dipakai oleh para arsitek sejak ratusan tahun yang lalu, maka terlihat bahwa komputer dapat berperan di tahap mana saja.
C.    PERBANDINGAN ANTARA DESAIN ARSITEKTUR DAHULU DAN SEKARANG (KOMPUTERISASI)
 Pembuatan Sketsa Awal (gagasan awal untuk diskusi dengan klien maupun tim perencana baik secara 2D, 3D, animasi maupun virtual reality), Dalam hal pembuatan sketsa awal, hasil analisis, dibandingkan dahulu dengan era sekarang adalah: dahulu para arsitek, dalam membuat konsep menggunakan sketsa tangan, dan visualisasi warna menggunakan, pencil warna, spidol, cat air, cat minyak, sedangkan era sekarang pembuatan sketsa bukan saja manual akan tetapi bisa melalui media smart phone, net book dan computer serta berbagai pengolahan data dengan software-software yang berkaitan dengan desain interior. Divisualisasikan melalui olahan render, salah satunya yakni software AutoCad.
Perhitungan-perhitungan (konstruksi, fisika bangunan), Dalam hal perhitungan-perhitungan, hasil analisi, dibandingkan dahulu dengan era sekarang adalah: dahulu para arsitek, perhitungan biaya bisa menggunakan mesin hitung, kini ada beberapa mesin hitung yang bias diadopsi dari software-sofware terkait beitupun juga perhitungan konstruksi.
Pengembangan Desain (menuju ke karya desain yang lebih terpadu dalam bentuk animasi maupun virtual reality yang dapat dilakukan secara manual maupun otomatis dengan teknik morphing), Dalam pengembangan desain, hasil analisis, dibandingkan dahulu dengan era sekarang adalah: dahulu para arsitek, dalam pengembangan desain bisa saja menggunakan sketsa dan gambar dengan bantuan meja gambar teknik, kini diera sekarang lebih terpadunya menggunakan sketsa, gambar kerja dengan bantuan komputer dengan software Auto Cad, 3D Max, Sketchup, dengan file berupa soft copy dan hard copy berupa hasil print. Pada proyek besar kini animasi juga dilibatkan untuk lebih terpadunya keseluruhan pengembangan desain yang ingin dipresentasikan.
Presentasi (penyajian produk desain akhir), Dalam Presentasi, hasil analisis, dibandingkan dahulu dengan era sekarang adalah: dahulu para arsitek dalam mempresentasikan desain masih berupa media yang didukung keterampilan tangan atau manual, kini dengan komputer berupa software auto cad, 3D Max, sketchup,3D Maya, dan virtual pendukung lainnya, presentasi dapat lebih mudah menerjemahkan maksud desainer/arsitek ataupun menerjemahkan keinginan klien, akurasi gambar lebih tepat dan visualisai lebih nyata. Sehingga bagi klien yang sedikit awam tidak kebingungan untuk mengerti presentasi desain yang disajikan.
Pembuatan gambar kerja, Dalam pembuatan gambar kerja, hasil analisis, dibandingkan dahulu dengan era sekarang adalah: dahulu para arsitek membuat gambar kerja dengan bantuan meja gambar teknik, sedangkan kini meja gambar teknik sedikit-demi sedikit mulai ditinggalkan diganti dengan software autocad pada komputer untuk mendapatkan akurasi dan kecepatan penyelesaian gambar kerja. Akan tetapi pembuatan gambar kerja dalam hal perkuliahan masih dimanfaatkan pada mahasiswa semester-semester kecil sebagai latihan tangan dalam mengolah ketegasan garis mahasiswa.
Pengarsipan Karya Desain (menyimpan karya desain secara sistematis dan aman untuk dipergunakan di lain waktu). Dalam pengarsipan karya desain, hasil analisis, dibandingkan dahulu dengan era sekarang adalah: dahulu para arsitek sebelum ada komputer generasi baru yang bisa menjalankan software menggambar, arsip-arsip disimpan pada rack dan almari simpan, kini pengarsipan secara sistematis bias disimpan di komputer pada folder-folder berupa soft copy dan internet melalui email, arsip-arsip dalam bentuk Hard copy juga masih dibutuhkan, sebagai bagian dari portfolio. File-file di komputer dikatakan aman apabila juga di transfer datanya pada cd/dvd untuk antisipasi kerusakan dari komputer.
D.    SOFTWARE YANG DIGUNAKAN DALAM BIDANG ARSITEKTUR
Berikut ini merupakan software dalam bidang arsitektur :
-          AutoCAD
Perangkat lunak computer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Pada makalah ini kami hanya akan membahas lebih mendalam mengenai software AutoCad utuk bidang arsitektur.
-          3d Studio Max
Sering digunakan sebagai software animasi, baik animasi arsitektur maupun grafis seperti animasi film.
-          Revit Arsitektur
Software ini merupakan software gabungan dari AutoCAD dan 3dMax, karena produk ini bias membuat tampilan 2D dan 3D secara bersamaan.
-          ArchiCad
Software ini memiliki kesamaan sistem dengan revit, namun untuk masalah rendering sistem masih jauh berbeda dengan revit.
-          Google SketchUp
Google SketchUp memiliki fasilitas gudang gambar 3d yang menyediakan beberapa library desian 3D yang berasal dari pengguna Google SketchUp lain di seluruh dunia.
E.     AUTOCAD
AutoCAD adalah salah satu program desain gambar dengan bantuan komputer yang cukup canggih. Secara perlahan namun pasti AutoCAD mengalami otomatisasi gambar, menggantikan fungsi manual yang selama ini mendominasi pekerjaan di segala bidang. Kompatibilitasnya yang tinggi memungkinkan gambar-gambar AutoCAD dapat diterima oleh sebagian besar program menggambar lain dan dapat dicetak dengan menggunakan hampir semua alat pencetakan. AutoCAD memiliki fasilitas yang cukup komplit untuk membuat gambar – gambar dua dimensi dan tiga dimensi.


Ø  Keuntungan Menggunakan Autocad:
·         Akurasi
Dengan tingkat presisi hingga 13 digit, AutoCAD memiliki tingkat akurasi jauh lebih sempurna dan terjamin dibanding dengan menggambar manual.
·         Kepraktisan, Kemudahan, dan Kecepatan
Fasilitas penggambaran dan pengeditan yang semakin sempurna menjadikan AutoCAD mampu menghasilkan jauh lebih cepat dibandingkan cara manual.
·         Kebersihan dan Kerapian
Dengan perintah pengeditan yang dimiliki AutoCAD, memungkinkan kita untuk merevisi dan memeriksa hasil gambar sebelum benar – benar dicetak, sehingga dihasilkan gambar yang bersih dan sempurna tanpa bekas – bekas pengeditan, penghapusan dan keringat atau kertas lecek seperti yang didapatkan pada gambar manual.
·         Ruang Kerja Tak Terbatas
AutoCAD memiliki ruang kerja tak terbatas. Koordinat tertinggi yang dapat dimasukkan adalah 1099. Sehingga kita dapat membuat gambar sebesar dan sebanyak apapun dalam ruang yang sama.
·         Fleksibilitas Skala
 AutoCAD memungkinkan satu gambar dicetak berkali – kali dengan skala yang berbeda – beda tanpa harus membuat ulang gambar tersebut.
·         Dokumentasi
Dengan sistem penyimpanan file, hasil gambar akan tersimpan secara permanen.

Ø  Cara menghitung luas dan keliling denah bangunan pada AutoCad:
1.      Aktifkan toolbar inquiry, caranya lihat gambar di bawah ini:
                                             

2.      Buat area luasan dengan polyline, caranya lihat gambar di bawah ini:

3.      Pindahkan polyline yang sudah anda buat tadi dengan perintah move, pilih objek polyline kemudian klik kanan lalu pilih move

4.      Geser objek polyline tersebut ke kanan, klik 1 kemudian klik 2, lihat gambar di bawah ini

5.      Pisahkan garis polyline dengan perintah Explode, pilih objek polyline kemudian klik toolbar explode, lihat gambar dibawah ini

6.      Satukan kembali garis yang telah di explode dengan perintah region, hal ini dimaksudkan agar perintah inquiry region mass properti dapat dijalankan

7.      Pilih toolbar region mass properti, pilih objek polyline lalu tekan enter, jika benar akan muncul seperti gambar dibawah ini, luas ditandai dengan warna merah yaitu area, sedang keliling ditandai dengan warna kuning yaitu perimeter




Ø  Cara Membuat Sketsa Bagunan

Langkah 1
Buat garis as (warna merah) dengan ukuran sesuai gambar. Anda dapat menggunakan perintah line atau polyline .

GARIS-AS
Langkah 2
Buat obyek kolom (warna merah) lengkap dengan arsirannya, ukuran sesuai gambar. Gunakan perintah line atau polyline atau rectangle untuk membuatnya. Perintah hatch digunakan untuk membuar arsiran. Letakan obyek kolom yang sudah jadi ke seluruh titik pojok pada garis as. Gunakan perintah copy untuk menyelesaikan langkah ini.

KOLOM
Langkah 3
Buat garis dinding plesteran (warna biru) dengan bentuk sesuai gambar. Pada tahap ini, anda dapat menggunakan perintah draw seperti line atau multyline atau polyline atau rectangle. Perintah modify dapat pula digunakan untuk menyelesaikan langkah ini, seperti offset atau copy dan trim.

DINDING-PLASTER
Langkah 4
Buat obyek kusen pintu (warna merah) dengan bentuk dan ukuran sesuai gambar, kemudian letakan pada denah yang ada. Dalam proses pembuatan obyek ini, perintah draw yang dapat digunakan antaralain:  line, polyline, rectangle, circle, arc. Sedangkan perintah modify yang dapat digunakan diantaranya:  copy, mirror, move, trim, rotate, hatch, block.

KUSEN-PINTU
Langkah 5
Buat obyek kusen jendela (warna merah) dengan bentuk dan ukuran sesuai gambar, kemudian letakan pada denah yang ada. Dalam proses pembuatan obyek ini, perintah draw yang dapat digunakan antaralain:  line, polyline, rectangle. Sedangkan perintah modify yang dapat digunakan diantaranya:  copy, mirror, move, rotate, hatch, block.

KUSEN-JENDELA
Langkah 6
Lakukan modifikasi pada garis dinding plesteran disetiap posisi peletakan kusen pintu. Gunakan perintah trim untuk memotong garis tersebut sehingga bentuknya menjadi seperti gambar.


TRIM DINDING-PINTU
Langkah 7
Buat garis dinding bata (warna merah) dengan ukuran sesuai gambar. Anda dapat menggunakan perintah draw seperti : line atau multyline atau polyline. Sedangkan perintah modify yang dapat digunakan diantaranya:  copy, offset, trim, stretch.

DINDING-BATA
Langkah 8
Buat arsiran dinding bata (warna merah) dengan bentuk seperti pada gambar. Anda dapat menggunakan perintah hatch dengan pattern ansi32 .

ARSIR-BATA
Langkah 9
Buat obyek teras (warna merah) pada bagian depan dan belakang denah. Dalam proses pembuatan obyek ini, perintah draw yang dapat digunakan antaralain:  line, polyline, rectangle. Perintah hatch digunakan untuk membuat pola lantai dengan type user defined.

TERAS
Langkah 10
Buat arsiran rumput (warna merah) pada bagian belakang dan depan denah. Anda dapat menggunakan perintah hatch dengan type grass.

Rumput
Langkah 11
Lengkapi denah dengan obyek tanaman (warna merah) seperti pada gambar. Anda dapat menggunakan tool palettes – architectural – trees untuk mempermudah dalam menyelesaikan tahap ini. Gunakan perintah scale dan move untuk mengatur posisi obyek tanaman.

Tanaman
Langkah 12
Lengkapi pula denah dengan obyek furnitur (warna merah) seperti pada gambar. Anda dapat menggunakan design center – home – space planner untuk mempermudah dalam menyelesaikan tahap ini. Gunakan perintah scale dan move untuk mengatur posisi obyek furnitur.

Furnitur
Langkah 13
Buat teks ruang dan level (warna merah) sesuai gambar. Beberapa perintah yang dapat anda gunakan diantaranya:  text, copy, move .

Teks
Langkah 14
Buat dimensi ukuran denah (warna merah) sesuai gambar. Beberapa perintah yang dapat anda gunakan diantaranya:  dimension linear, continue, quick dimension

Dimensi
Langkah 15
Buat notasi as dan potongan (warna merah) dengan bentuk sesuai gambar. Dalam proses pembuatan notasi, perintah draw yang dapat digunakan antaralain:  line, circle, text. Sedangkan perintah modify yang dapat digunakan diantaranya:  copy, mirror, move, rotate, hatch.

Notasi
Langkah 16
Langkah terakhir buat judul gambar (warna merah) dengan menggunakan perintah text dan line.









Ø  Contoh Rancangan Rumah Menggunakan Autocad



A.    ANALISIS
Perkembangan teknologi dibidang Arsitektur menghasilkan berbagai software yang dapat digunakan oleh arsitek. Salah satunya software AutoCad. Dari data gambar diatas dapat dengan jelas bahwa manfaat AutoCad dalam pembuatan desain, Sangatlah bermanfaat dan sangat membantu pekerjaan Arsitektur dalam merancang suatu bangunan. Selain itu dalam menggunakan software AutoCad ini arsitek dapat lebih mudah dalam mempresentasikan pada hasil kerjanya ke kosumen, sehingga dapat memperkecil kekecewaan konsumen. Dapat disimpulkan bahwa dari perkembangan teknologi ini dapat mempermudah pekerjaan manusia.


BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Arsitektur adalah ilmu yang digunakan dalam membuat sebuah bangunan baik itu skala besar maupun kecil. Pemanfaatan teknologi informasi di dalam bidang arsitektur dirasa sangat dibutuhkan karena dengan dukungan teknologi dapat mempermudah serta meningkatkan kinerja arsitektur. Seperti dalam Pembuatan Sketsa Awal,  dahulu para desainer dan arsitek dalam membuat konsep menggunakan sketsa tangan, dan visualisasi warna menggunakan, pencil warna, spidol, cat air, cat minyak, sedangkan dengan memanfaatkan teknologi pembuatan sketsa dapat dikerjakan melalui media smart phone, net book dan computer serta berbagai pengolahan data dengan software-software yang berkaitan dengan desain interior.
Dengan adanya dukungan teknologi dalam bidang arsitektur dapat mempermudah kerja serta memberikan keuntungan seperti Pembelajaran lebih efektif dan efisien, komputasi lebih mudah, menekan biaya untuk pengadaan peralatan lab fisik yang mahal dan pengadaan buku-buku referensi impor yang mahal.

B.     SARAN
Adapun saran yang dapat kami berikan yaitu adalah :
-          Untuk arsitektur, pada saat mendesain suatu project lebih baik, terlebih dahulu memilah-milah project yang kita dapat, sehingga kita dapat memutuskan membuat suatu bangunan dengan secara manual atau dengan software aplikasi.
-          Untuk programer, agar dapat mengembangkan program desain untuk mempermudah para arsitektur dalam mengerjakan racangan sebuah gambar.
-          Untuk mahasiswa, agar lebih memanfaatkan teknologi yang ada.



DAFTAR PUSTAKA

http://www.problogger.web.id/2013/08/gambar-autocad-desain-gratis-rumah-2.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar